Wahai Istri, Inilah Hukuman Bagi Yang Suka Membentak Suami

Saat semua yang sudah dilakukan terasa tidak mempan untuk memberitahu anak, gunakan cara “bisikan”.Misalnya, membisikkan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya. Untuk partisipan anak, peneliti sengaja memilih partisipan yang berada di kelas tujuh dan bersekolah di sejumlah sekolah negeri di Pennsylvania. Kemudian para orang tua ini diamati kondisi kesehatan mentalnya, cara mereka mengasuh anak dan hubungan apa yang terjalin antara orang tua dengan anak-anaknya selama dua tahun.

Sebab remaja berusia thirteen tahun yang kerap dibentaki oleh orang tuanya ternyata memperlihatkan lebih banyak gejala depresi dibandingkan rekan-rekannya yang tidak diperlakukan sama. Hal ini dikemukakan sebuah studi baru yang dipublikasikan jurnal Child Development. Support tak hanya dapat ditunjukan lewat ucapan atau penyemangat saja.

Berikan mereka hadiah sebagai salah satu cara untuk menunjukan rasa sayang orangtua terhadap anak. Dengan hadiah kecil pun, itu akan menunjukan kepedulian dan rasa empati. Bukan hal mustahil jika mereka akan membalas rasa empati yang diberikan dengan keterbukaan terhadap masukan dan nasihat yang diterima. Percaya atau tidak, terlalu memanjakan anak secara berlebihan justru membuatnya tidak bisa mandiri dan cenderung mengabaikan kewajibannya. Ia akan berpikir jika nantinya salah, maka orangtua tidak akan menghukumnya.

Maka, sebaiknya kamu menetapkan batasan- batasan perilaku mana yang perlu ditindak tegas dan mana yang masih bisa dibicarakan dengan baik- baik. Tidak semua kenakalan anak harus direspon dengan cara memarahi atau bahkan menghukum anak. Dengan begitu, kamu pun akan lebih tenang dalam menghadapi si kecil. Dengan seluruh upaya tersebut, akan tercipta suasana pola asuh demokratis yang penuh kasih sayang dalam keluarga. Hal ini dapat membentuk kepribadian anak yang jujur, percaya diri, dan optimis hingga dewasa kelak.

Anak dan remaja masih belajar bagaimana cara menyatakan emosi dengan sehat, dan mereka belajar dari Anda. Karena itu, semakin konsisten orang tua menggunakan I-Message, semakin besar pula kesempatan anak belajar menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat dan damai. Dengan I-Message, orang tua belajar untuk menyampaikan dengan jelas perilaku apa yang mereka harapkan dari anak. Konflik berujung pertengkaran bisa membuat pembicaraan tidak terarah sehingga anak maupun orang tua tidak paham apa yang seharusnya mereka lakukan agar tidak menimbulkan konflik lagi di kemudian hari. Dalam hal membentak anak, tidak mungkin terjadi begitu saja pasti selalu ada pemicunya.

Hal ini lambat laun membuat anak terlalu bergantung kepada orangtua dan masa bodoh dengan kesalahan yang diperbuatnya. Usahakan jangan sampai tindakan buruk yang dilakukan orang-orang di dalam rumah, justru ditiru si Kecil. Apapun kenakalan yang dibuat oleh anak, ada baiknya harus diberi nasihat.

Mereka cenderung memikirkan hal-hal yang tidak berguna hanya untuk menenangkan batinnya. Dan mereka akan mudah sedih dan tidak mampu mengendalikan atau menyemangati dirinya sendiri. Sehingga akan mudah stres dan tumbuh menjadi pribadi yang lemah. Lantas bagaimana baiknya orangtua ketika menghadapi anak yang rewel dan super aktif? Hal yang paling utama adalah dengan memberitahunya secara halus. Rasulullah SAW juga mencontohkan agar orangtua memang harus sabar menghadapi anak kecil dan melarang membentak anak-anak.

Bertahan menyakitkan , berpisah pun berat karna sya sedang hamil , sedikit pun sya tdk ingin berpisah tetapi suami sya selalu bilang sdh tdk ingin dgn saya. Memberi nasihat atau perintah dengan bertele-tele atau disertai emosi, akan membuat anak malah tidak memahami maksud sebenarnya dari orang tua. Mencium tangan orang tua merupakan salah satu budaya di Indonesia yang ditujukan untuk menghormati orang yang lebih tua.

Beri apresiasi pada diri sendiri jika berhasil menjalankan komitmen untuk tidak mudah marah selama waktu yang telah disepakati. Hal ini akan membuat Ibu semakin yakin untuk bisa mengontrol emosi dengan baik. Jadi, sangat masuk akal jika si kecil melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakukan ketika berbicara tentang etika. Kalau orangtua mengharapkan si kecil mengatakan “terima kasih” dan “tolong” setiap saat, berilah ia contoh yang baik, maka si kecil pasti akan mengikutinya.

Berbicara dengan anak tanpa membentak

Seorang istri hanya boleh memperlihatkan kecantikannya pada suaminya saja. Ia wajib untuk menutup aurat ketika bepergian ataupun ketika ada pria lain disekitarnya. Meskipun sebenarnya hukum wanita tidak berjilbab dalam Islamjuga seharusnya diketahui bahkan sejak sebelum memiliki suami.