Tips Cara Menghilangkan Bosan Saat Belajar Di Rumah

Usahakan untuk anak dapat menyelesaikan tugas sekolah tepat waktu. Selain itu, tetap jalin komunikasi antar teman sekolah dan guru di sekolah, dengan begitu anak tidak akan merasa cepat bosan. VIVA– Sudah hampir sebulan anak-anak menjalani kegiatan belajar mengajar di rumah. Seperti halnya orangtua, anak-anak yang harus menjalankan kegiatan belajar di rumah, juga merasakan hal kebosanan. Sediakan sarana prasarana yang memadai di rumah, seperti koneksi internet yang stabil serta ruangan yang tenang dan kondusif untuk belajar.

Nantinya, dari gambar yang dibuat akan dijadikan sebagai desain mainan boneka IKEA dalam koleksi SAGOSKATT. Tapi, seringkali kebosanan anak adalah kode untuk berkata, “Aku ingin menghabiskan waktu dengan mama atau papa.” “Tugas kita adalah memastikan bahwa anak memiliki cukup banyak pilihan untuk dilakukan, yang mungkin berupa perlengkapan seni, atau perlengkapan berdandan, atau kesempatan untuk keluar dan bermain,” kata Lynn. Kathy Lynn, pakar parenting dari Vancouver, Kanada mengatakan, kadang anak mengeluh bosan karena ingin melakukan kegiatan bersama Moms atau Dads. Anda cukup membuat lintasan dari benang secara tidak beraturan seperti bentuk jaring laba-laba. Lalu berikan tantangan pada anak untuk melewati jaring itu hingga mencapai garis finish.

Mudah-mudahan informasinya berguna untuk mendidik anak yang malas belajar ya, Bu. Misalnya, waktu belajar tidak berbenturan dengan waktu bermain atau waktu istirahat anak. Atau ketika mobil jemputan telat, ia bisa cemberut seharian bahkan tak mau sekolah.

Selain itu, membersihkan rumah dan menata ulang dekorasi ruangan juga dapat menciptakan suasana baru di rumah kamu, sehingga rasa bosan atau jenuh pun dapat teratasi meski kamu tidak sedang melakukan banyak hal. Dengan cara seperti ini, kamu pun bisa membuat dirimu betah di rumah selama melakukan social distancing. Buat kamu yang ingin bersantai dengan cara berbeda, mendengarkan audiobook bisa menjadi salah satu opsi yang kamu terapkan untuk menghilangkan bosan. Meskipun awalnya media ini dirancang untuk penyandang tunanetra, namun dengan berjalannya waktu, audiobook juga banyak diminati oleh orang regular.

Coba lah untuk menetapkan rutinitas yang sesuai dengan usia si kecil dalam hal belajar. Selain melalui kelas yang dilakukan secara daring, tingkatkan aktivitas bermain dan membaca. Membaca bisa jadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus melatih kemampuan membaca anak. Kondisi pandemi yang belum menunjukkan akan membaik dalam waktu dekat mengharuskan semua orang menghabiskan waktu di rumah.

Cara menghadapi kebosanan anak

‘Mengobrol’ tidak hanya melalui pesan singkat tetapi lakukan video name misalnya, supaya suasana menjadi lebih terbangun, kita dapat melihat ekspresi dan mendengarkan nada bicara lawan tutur. Pastikan tubuh kita menerima nutrisi yang cukup sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktivitas, terutama aktivitas pembelajaran. Konsumsi makanan sehat yang membangun kebugaran tubuh kita secara teratur. “Misal pelajaran menghitung, apa sih kegiatan di rumah yang bisa melibatkan pelajaran menghitung. Anak bisa dilibatkan kegiatan rumah tangga, sambil dilibatkan nilai-nilai dan keterampilan praktis di rumah,” tuturnya. Ya, rasa bosan siswa di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar itu wajar saja.