Ramadhan Mendidik Jiwa Sabar

Anak-anak pun akan menjadi lebih patuh dengan segala instruksi kita. Dengan memiliki sikap sabar, maka Si Kecil akan tangguh menghadapi berbagai masalahnya kelak. Jadikan Si Kecil anak yang tangguh dengan gizi yang sempurna. Berikan juga ia susu bubuk Indomilk setiap hari, karena susu bubuk Indomilk dilengkapi OptiNutri yang baik untuk pertumbuhannya, bantu anak jadi Tinggi, Tangguh dan Tanggap . Kalau anak melakukan kesalahan saat melakukan tugas yang orang tua berikan, jangan langsung dimarahi, sebaiknya orang tua mencari cara lain untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Melatih kesabaran pada anak

Parenting stress merupakan kesulitan orangtua dalam menjalankan perannya, terutama dalam mengasuh anak. Orangtua cenderung mengalami parenting stress jika mengalami kondisi berikut ini. Akan tetapi, tidak semua orangtua dapat terus sabar dalam mengasuh anak. Mungkin anda pernah mendengar atau bahkan mengeluarkan perkataan-perkataan berikut ini, sebagai bentukparenting stress. Biasanya ketidaksabaran muncul karena emosi yang tidak baik, seperti marah, kesal, dan putus asa.

Melalui permainan yang membutuhkan waktu dan kesabaran ini maka anak secara tidak langsung akan berlatih sabar dengan cara yang lebih seru. Misalnya, dengan bernyanyi atau melakukan aktivitas lain saat mereka menunggu sesuatu. Masalahnya, jika Anda sedang berada di antrean dengan si kecil yang tidak sabaran, bisa jadi ia akan berteriak-teriak dan membuat Anda merasa malu atau tidak enak dengan orang lain. Ujung-ujungnya, Anda sendiri yang merasa kesal dan marah. Semua anak tumbuh dengan naluri yang menggebu-gebu dan impulsif.

Hindari bermain komputer atau menonton TV sebelum tidur karena dapat mengganggu waktu istirahatnya. ADHD dapat menyebabkan masalah tidur yang membuat gejalanya semakin parah. Ciptakan waktu tidur anak yang baik dengan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Berikan pula instruksi yang terstruktur, singkat, dan spesifik. Contohnya,”Tolong bantu Ibu menaruh mainan di kotak mainan dan mengembalikan buku ke rak.”, lalu berikan anak pujian jika ia melakukannya dengan benar.

Dengan begitu anak memahami bahwa ada hal lain di luar dirinya yang juga harus diperhatikan. Anak pun terlatih untuk tidak memaksakan keinginannya, belajar menunggu saat meminta sesuatu kepada orangtuanya yang sedang melakukan hal lain. Agar tidak terbiasa langsung membeli, ajak saja anak untuk memasak bersama.