Manfaat Berbagi Pekerjaan Rumah Dengan Anak

Beberapa dari mereka bahkan melangkah lebih jauh dengan menyakini bahwa al-Qur’an mempunyai sebuah arti lain yang tidak bertentangan dengan ilmu pengetahuan. Selain itu, beberapa orang sarjana Muslim seperti Ibnu Sina, telah mencoba mengharmonisasikan Islam dengan ilmu pengetahuan tersebut tanpa merubah dasar doktrinya. Selain itu, pencarian mereka akan ilmu pengetahuan tidak pernah berhenti pada pemikiran pubakala klasik tersebut, tetapi telah merambah kepada usaha penjelajahan alam itu sendiri. Jadi, Islam telah secepat mungkin menghasilkan ilmuan yang asli lahir dari rahim Islam itu sendiri dalam berbagai cabangnya, seperti, ahli astronomi, matematika dan kedokteran. Sarjana Muslim telah mengasimilasikan dan menyempurnakan warisan ilmu pengetahuan tersebut dan telah menemukan hal-hal baru sejauh itu baik.

Ketika mereka berhasil duduk diam selama 10 menit mengerjakan PR, atau pulang ke rumah dengan folder pekerjaan rumah mereka secara berurutan, beri mereka banyak pujian karena membuat pilihan yang tepat,” kata Linebarger. Maka wajib atas seorang istri untuk mempergauli suaminya sebagaimana yang berlaku dalam kebiasaan masyarakat selama tidak menyelisihi syariat Allah. Dan telah ada kebiasaan yang berlaku di masyarakat muslim dahulu dan sekarang bahwasanya istri melayani suaminya. Dan seorang wanita hanya dapat melayani suaminya dengan sempurna di dalam rumahnya.

Karena merasa bahwa selalu ada ilmu yang Ia dapat, lulusan Fakultas Psikologi UNPAD ini juga merasa perlu ada yang dibagi. Hal ini yang mengantarnya untuk bergabung sebagai salah satu staf pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung. Menanggapi hal ini, Wenny Aidina, S.Psi., M.Psi., psikolog klinis anak dari KALM sekaligus pemilik Ritz Konsultan Psikologi, mengingatkan bahwa orang tua menyekolahkan anak untuk pengetahuan yang ia peroleh tak semata-mata perkara nilai. Terkadang, anak remaja mungkin tidak ingin mengerjakan pekerjaan rumahnya karena ia tidak menyadari bagaimana hal itu dapat membantu karier akademiknya.

Membantu anak mengerjakan pekerjaan rumah

Dengan urutan kegiatan yang berbeda setiap harinya, anak-anak akan lebih merasa senang dan tidak terbebani. Sebab dengan rutinitas yang tetap setiap harinya hanya akan membuat anak-anak bosan serta mulai malas untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan rumah tersebut. Pekerjaan rumah alias PR merupakan cara guru untuk mengetahui seberapa banyak anak bisa menyerap pelajaran yang didapatnya di kelas tadi. Seringnya, sebagai orang tua, kita justru gereget untuk ikut turun tangan mengerjakan PR anak. Penting buat kita sebagai orang tua untuk menciptakan kebiasaan belajar.

Selain meringankan beban orangtua, kegiatan ini juga sangat bagus untuk membangun kerjasama tim. Misalnya dalam keluarga memiliki beberapa anak, ayah bisa bertindak sebagai ketua tim yang memandu dan mengarahkan agar tugas ini terselesaikan dengan baik. Walaupun begitu, penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa peran orang tua dalam membantu mengerjakan PR juga tidak boleh begitu saja dihilangkan. Orang tua harus tetap membantu tetapi harus menyadari batasan dalam memberikan bantuan tersebut.

Pekerjaan rumah untuk anak usia 13 tahun ke atas lebih beragam dan menantang. Anak bisa diminta mengasuh atau menjaga saudara kandung yang lebih kecil dan membantu pekerjaan rumah tangga lain. Biasanya baik anak perempuan maupun laki-laki akan mencari alasan untuk membantu pekerjaan rumah tangga setelah sudah agak besar. Banyak yang beranggapan bahwa anak perempuan saja yang harus rajin dan bisa mengerjakan pekerjaan rumah. Jadi hanya anak perempuan saja yang diajarkan untuk membantu dalam menyelesaikan tugas rumah tangga. Ada banyak orang dari usia dini yang telah melakukan pekerjaan rumah tangga seperti melipat pakaian, menyapu lantai, dan membantu ibu mereka memasak nasi.

Pada saat anak harus menggunakan benda tajam, seperti pisau silet, cutter, orangtua dapat saja membantunya namun bukan untuk menyelesaikan pekerjaanya. Oleh sebab itu orangtua dapat mencarinya di toko atau penjual bahan-bahan prakarya terdekat. Biasanya disebut saja sebagai tugas prakarya saja.Tugas prakarya lebih banyak membutuhkan waktu sehingga perlu dilanjutkan dan disiapkan di rumah oleh siswa. Karena komunikasi adalah jalan dua arah, cara Anda berbicara dan mendengarkan anak dapat memengaruhi seberapa baik dia mendengarkan dan merespons. Penting untuk mendengarkan dengan cermat, melakukan kontak mata, dan menghindari multitasking saat Anda mengobrol.