Begini Cara Bikin Anak

Namun pastikan aktivitas tersebut membuat rileks dan mendorongnya untuk tidur. Beberapa aktivitas tersebut diantaranya seperti mandi santai, sikat gigi, memakai piyama, membaca buku favorit anak, hingga ciuman selamat malam. Elizabeth Pantley, penulis The No-Cry Sleep Solution, mengatakan cahaya bisa menyalakan tombol supaya bayi selalu melek, Bun. Untuk itu, coba gunakan cara membuat anak bayi tidur dengan meredupkan cahaya lampu. Bila memungkinkan, ajak anak keliling kompleks sebentar dengan mobil.

Bagaimana cara agar anak cepat tidur

Begitu pula masalah sulit tidur, anak-anak pun kadang mengalaminya. Selain itu, tubuh yang terkena air panas lalu terpapar suhu udara yang yang dingin bakal membuatmu merasa mengantuk. Biasanya, cara bikin anak cepat tidur ini cukup ampuh dilakukan.

Selama anak belum memasuki usia sekolah, biasakan dirinya agar tidur pada jadwal yang dibuat. Jadikan kegiatan tidur sebagai rutinitas yang dijalankan secara konsisten dan dilakukan setiap hari. Mulai dari menyikat gigi hingga mempersiapkan diri tidur di atas tempat tidur. Setelah Anda menyelesaikan rutinitas waktu tidurnya, tinggalkan kamar. Simpan aktivitas favorit bayi Anda untuk yang terakhir, dan lakukan di kamar tidurnya.

Hindari tidur di tempat yang sama dengan bayi, hal ini membuat bayi tidak pernah belajar untuk tidur sendiri. Kelihatannya memang membuat bayi nyaman, namun sebenarnya kondisi ini dapat membuat bayi sulit tertidur sendiri. Apalagi jika bunda menyusui bayi sambil berbaring di tempat tidur, jika bunda ketiduran maka saluran nafas bayi bisa tertutup dengan payudara yang bisa berakibat deadly. Cobalah untuk mulai membiasakan menyusui si Kecil sebelum dan saat si bayi bangun tidur.

Sangat penting untuk memastikan anak bisa dapat tidur yang cukup. Usahakan anak mendapat kualitas dan waktu tidur yang cukup agar kesehatan terjaga. Apalagi kalau sudah mulai sibuk sekolah, penting untuk membantu mengarahkannya mengatur jadwal istirahat yang tepat. Cuma memang agak difficult juga nih untuk membuat anak mau cepat tidur saat waktu istirahat tiba.

Ketika bayi terbangun, sebaiknya tahan keinginan Moms untuk mengubah posisinya dan mengganti popoknya. Ketika mata Moms bertatapan dengan bayi, itu dapat menarik perhatiannya dan menandakan waktu bermainnya. Jangan lupa saat dia terbangun sapa, ajak senyum, dan minta ia untuk tidur lagi dengan menepuk dan membelai.