9 Cara Meredakan Emosi Paling Efektif Agar Tidak Gampang Marah, Catat!

Sarjana Muslim telah mengasimilasikan dan menyempurnakan warisan ilmu pengetahuan tersebut dan telah menemukan hal-hal baru sejauh itu baik. Tidak seperti Dinasty Umayyah yang belum memberikan perkembangan ilmu pengetahuan yang berarti, Dinasti Abbasiyah telah mengambil langkah aktif untuk mendapatkan kebudayaan Hellenistik. Karenanya, dorongan keilmuan mereka, bersama dengan restu agama Islam berkaitan dengan ‘ilmu telah membimbing mereka kepada kebangkitan dunia intelektual Muslim di abad pertengahan. Penulis artikel ini sebenarnya tengah berusaha menguraikan perkembangan pemikiran Islam semasa kekuasaan al-Ma’mun. Yang khususnya, menguraikan perjelmaan/perubahan dan penyatuan ilmu pengetahuan asing menjadi ilmu pengetahuan Islam. Dengan berusaha menjelaskan sejarah penerjemahan karya-karya asing ke dalam bahasa Arab.

Kamu bisa menghindari emosi ini dengan berbagai cara untuk membuat dirimu menjadi rileks. Misalnya, dengan mengucapkan salam ketika bertemu dengan orang lain atau baru tiba di rumah, atau menguncapkan terima kasih apabila mendapatkan sesuatu dari orang lain, baik berupa benda atau pertolongan setiap hari. Saat kamu memberikan semua hidupmu untuk kristus, kamu telah ditutupi dengan Roh Kudus. Tanpa Roh Kudus, doa hanyalah sekumpulan kata dan Alkitab hanyalah sebuah buku sejarah. Untuk menghindari bisikan jahat, bacalah surat Al-Falaq, Al-ikhlas dan surat An-nas. Coba untuk berlatih berpikir positif sehingga diri kita tidak terkontrol oleh emosi.

“Orang tua boleh saja bilang butuh waktu sebentar untuk tenangkan diri jika emosi sudah tak tertahankan. Bicara atau berbagi cerita dengan orang yang bisa dipercaya juga bisa kurangi beban stress yang dirasakan,” ujar Vera. Pastikan batasan-batasan tersebut menjadi aturan yang tidak tertulis. Pastikan Anda dan anak-anak memahami peraturan ini dan menjalankan konsekuensinya saat salah satunya ada yang melanggar. Apakah perbuatan dan perkataan itu dapat melukai orang lain atau memperbaiki keadaan? Saat Anda marah, cobalah berhenti sejenak dan pikirkan apa yang Anda ingin lakukan dan katakan. Dengan berhenti sejenak dan berpikir, Anda dapat memikirkan kemungkinan tanggapan dari perkataan atau perbuatan yang akan Anda lakukan.

Pembaruan terjemahan dari modernistion yang dalam bahasa Indonesia, berarti proses menjadi baru. Pendidikan Islam Zaman Kemunduran Islam mengalami statganitas dan menurun secara drastis, karena perhatian penguasa tidak banyak dicurahkan untuk pengembangan bidang pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Perhatian penguasa banyak terfokus keranah politik, bagaimana mempertahankan kekuasaan. Tarik- menarik pengaruh kekuasaan di pusat pemerintahan Bagdad antara dinasti Seljuq dan Buaihi bisa dikatakan sebagai penyebabnya.

Sejak adanya upaya revitalisasi oleh kedua tokoh tersebut, semangat pembaruan menyebar ke seluruh dunia muslim melalui para jamaah haji yang berkunjung tiap tahun ke Makkah atau, malalui mahasiswa Islam yang belajar di Mesir. Setelah selasai studi, mereka kembali ke kampung halamanya dan mengadakan pembaruan sesuai semangat yang dibawanya dari negeri timur tengah. Ada juga madrasah yang mengkhususkan diri mempelajari satu disiplin ilmu tertentu, misalnya madrasah nahwu, madrasah tafsir atau madrasah hadits yang pada gilirannya membawa perkembangan pada ilmu-ilmu tersebut. Dengan demikian madrasah merupakan media atau wadah pengembangan ilmu pengetahuan Islam. Para alumnus yang dihasilkan madrasah turut pula menjadikan ilmu pengetahuan Islam berkembang. Mereka mengembangkan ilmu-ilmu tersebut dalam karirnya di berbagailembaga maupun kehidupan bermasyarakat.

Cara  mengkontrol emosi kepada anak

Ketika anak sedang marah, doronglah anak agar ia menggunakan kata-katanya untuk mengekspresikan kemarahannya daripada memukul, meraih benda untuk dilempar, atau melakukan tindakan fisik terhadap orang tua. Sering pula orang tua kesulitan untuk mengetahui cara terbaik untuk merespons. Hal ini kadang membuat orang tua menderita, baik secara fisik maupun emosional. Untuk mengatasi stres atau tekanan, orang tua sangat diperkenankan untuk menenangkan diri sejenak agar emosi tidak meledak kepada anak. Berbagi cerita dan tetap terhubung dengan orang terdekat merupakan salah satu solusi untuk meredam emosi. Tidak menutup kemungkinan, anak hanya akan mengharapkan penghargaan dan mungkin mengalami kesulitan dalam menangani kritik dari orang lain.

Setidaknya luangkan waktu selama 10 menit untuk mencari tahu penyebab anak melakukan kesalahan tersebut. Dengan begitu, Mama bisa menempatkan diri di posisi anak dan tidak menuduh macam-macam. Ingat, kata-kata tuduhan juga bisa membuat anak merasa sakit hati lho, Ma.