7 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Namun tak perlu terlalu khawatir, itu adalah perilaku khas anak-anak. Berikan berbagai variasi jenis makanan bergizi dan biarkan si Kecil memilih dan mengeksplor makanan yang diinginkan. Ibu mungkin perlu beberapa kali menawarkan makanan baru sebelum si Kecil mau mencobanya. Setiap anak membutuhkan nutrisi yang seimbang untuk tumbuh kembang yang optimum. Nutrisi yang dibutuhkan terdiri dari makronutrien, yaitu energi yang berasal dari karbohidrat, lemak, dan protein; dan mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral. Jumlah zat yang dibutuhkan tiap anak berbeda-beda sesuai usianya.

Shandy mengaku jika di awal pernikahan ia diajari untuk bersedekah oleh sang suami meski penghasilan pas-pasan. Saat Shandy tak bekerja dan gaji Gilang baru Rp 3 juta, mereka selalu menyisihkan paling tidak Rp 100 ribu untuk disumbangkan ke panti asuhan. “Ketika berbagai hati jadi lega dan rezeki ada saja,” kata Gilang. Tidak mudah bagi orangtua untuk selalu merespon perilaku anak secara tepat. Yang juga kerap terlupakan, di usia batita ini rasa ingin tahu anak sudah semakin besar. Apa cita rasa yang disukai anak, tugas orangtualah untuk menemukannya.

Sementara balita, membutuhkan 605 kalori perhari dari karbohidrat. Hal ini mengajarkan anak untuk menghargai waktu makannya, sehingga ia fokus untuk makan dan tidak terpecah perhatiannya oleh hal-hal lain. Supaya Si Kecil mau melahap nasi, Bunda dapat mengganti air untuk memasak nasi dengan kadu ayam atau daging sapi. Selain itu, Bunda juga bisa tambahkan taburan bawang goreng di atas nasi untuk menambah aroma dan rasa. Selama enam bulan pertama kehidupannya, si Kecil hanya minum ASI.

Namun Anda juga harus perhatikan energi yang anak keluarkan. Mam bisa memberikan makan dengan porsi sedikit dulu bila masih dalam tahap pengenalan. “Buat penambah nafsu makan, terus bisa buat batuk, pilek,” ujarnya. Selama dicekok, anak biasanya akan dipegangi oleh orang tua agar tidak berontak.

Mengapa anak-anak susah untuk makan

Selain itu, khawatir jika anak tersedak saat makannya dengan di paksa. Vitamin D berguna menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan penyerapan kalsium untuk tumbuh kembang gigi dan tulang. Usia di atas 1 tahun, anak memerlukan vitamin D sekitar 15 mcg/ hari.