5 Suggestions Yang Dapat Membantu Mengendalikan Emosi Anak Saat Menghadapi Pandemi

Terkadang, Anda sangat marah terhadap perbuatan Si Kecil hingga muncul keinginan untuk memukul atau mencubitnya. Ketahuilah Moms, hukuman fisik hanya akan memberikan efek negatif pada perkembangan mental Si Kecil. Selain harus lihai dalam mengatur semua kebutuhan rumah tangga, Anda juga dituntut untuk bersabar menghadapi tingkah laku anak. Karakter orang tua yang cenderung tegas dan galak turut mempengaruhi kondisi psikologis anak dan tumbuh kembangnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan anak cara mengatasi amarahnya.

Perkembangan pendidikan Islam dari segi kurikulum dan, metodenya meningkat seiring bertambah banyak ilmu-ilmu baru yang ditemukan dari luasnya daerah taklukan Islam. Daerah takhlukan banyak meninggalkan khazanah ilmu pengetahuan yang ikut menambah kekayaan ilmu-ilmu Islam. Para ilmuan tidak melewatkan kesempatan yang ada dengan memanfaatkan ilmu-ilmu yang bertumpuk-tumpuk di daerah takhlukan. Perbedaan bahasa yang digunakan dalam buku-buku ilmu yang tinggal tidak bisa menghalangi mereka. Proses penterjemahan dari bahasa Yunani tidak langsung ke bahasa Arab tapi terlebih dahulu ke dalam bahasa Suryani kemudian ke dalam bahasa Arab. Belajar di rumah-rumah ulama merupakan fenomena umum di masyarakat Islam.

Cara  mengkontrol emosi kepada anak

Misalnya, anak menyakiti diri sendiri dengan membenturkan kepala ke dinding atau memukul orang lain. Tantrum dapat dipicu dari karakteristik atau sifat anak dan cara lingkungan memperlakukan dia. Peran orangtua sangatlah besar, karenanya orang tua harus menjadi position mannequin yang baik buat anaknya.

Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan kekerasan terhadap anak dapat terjadi tergantung dari pengendalian diri orang tua dalam mengatur emosi. TEMPO.CO, Jakarta – Tekanan atau stres saat pandemiCovid-19 sering kali membuat orang tua tak mampu membendung emosi. Akibatnya, orang tua secara tidak sadar melakukan kekerasan terhadap anak, baik memarahi dengan keras, mencubit, atau mengancam. Bila Anda melakukannya, anak-anak Anda akan meniru Anda dan mencoba mengatasi kemarahan mereka tanpa bersikap agresif atau melakukan kekerasan. Bawa ia masuk ke kamarnya dengan suhu udara yang dingin agar ia memperoleh ketenangan.

Sebuah contoh kasus dalam masalah ini adalah pengambilalihan ilmu pengetahuan dan filsafat Yunani ke dalam Islam. Jadi, pusat filsafat dan ilmu pengetahuan Yunani sebelumnya, seperti Mesir dan Syiria, telah menjadi pusat ilmu pengetahuan Islam. Di samping bahasa kiasan yang umumnya ada di dalam setiap bahasa tentu tidak dapat diterjemahkan secara harfiah ke dalam bahasa lain. Metode penterjemahan kedua yang dikembangkan oleh Hunayn ibnu Ishaq, al-Jawhari dan lainnya, serta dianggap lebih unggul dari metode sebelumnya. Dasar keunggulan tersebut terletak dari segi metodologinya, yang mengharuskan para penterjemah untuk membaca dan memahami semua kalimat bahasa Yunani terlebih dahulu, kemudian menterjemahkan maksudnya ke dalam bahasa Arab. Menggunakan metode ini berarti akan memberikan arti yang sama dalam maksud tetapi tidak secara struktur bahasa.

Kedua, keefektifan dan keefesienan, maksudnya, pen­didikan calon pendidik terdiri dari kalangan arab Quraisy sendiri atau orang yang telah mengenal dan berasimilasi dengan baik ke dalam budaya Quraisy, terutama linguistik Arab di Makah. Pertimbangan tersebut, ber­kaitan dengan materi yang akan disampaikan sesuai dialek Quraisy. Metode Personal, metode semacam ini terjadi dengan cara individual, yaitu antara dai (pendidik/penceramah) dan mad’u. Sangat urgen sekali hari ini, walau kita tidak boleh menyebutkan kata terlambat terhadap proses yang baik seperti yang dilakukan Nabi dan KH. Dengan demikian pelajaran yang ditambah hanya menjadi sampah intelektual belaka.