5 Cara Agar Anak Tidak Kecanduan Bermain Gadget

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan kecanduan gadget adalah mendiskusikan kepada anak-anak Anda. Jelaskan pada anak mengapa Anda membatasi penggunaan gadget, katakan padanya bahwa hal itu dilakukan semata-mata untuk kebaikan mereka. Namun perlu Anda ketahui bahwa hal itu juga yang dapat menyebabkan anak kecanduan gadget. Sambungan web yang mudah mereka dapatkan akan mendukung aksi mereka untuk semakin mencintai kehidupan dunia maya. Dalam masa tumbuh kembang, anak perlu melakukan aktivitas fisik dan berelasi dengan banyak teman. Di mana hal ini tidak akan terjadi jika anak hanya duduk bermain gadget.

Cara agar anak tidak kecanduan gadget

Cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini agar Anda tahu apa yang harus dilakukan. Terkadang, dengan kehidupan sibuk yang dijalani, teknologi dapat digunakan untuk membantu mengisi waktu seorang anak. Anda harus ketat dengan jadwal tersebut dan rencanakan kegiatan fisik yang menyenangkan bagi anak untuk terlibat di waktu lain. Gaptek atau gagap teknologi sering diartikan dengan tidak tahu apa-apa tentang teknologi yang sedang berkembang ataupun kurang bisa memahami suatu teknologi. Akan tetapi gaptek pada period sekarang diartikan sebagai kurangnya kemampuan seseorang untuk menggunakan gadget, laptop ataupun web. Apabila anak kecanduan gawai, maka Yunias menyarankan untuk segera datang ke poliklinik jiwa agar bisa ditangani.

Dengan begitu, penggunaan gadget Si Buah Hati lebih bisa dikontrol dibandingkan jika ia menggunakan smartphone-nya sendiri. Jangan emosi, dua kata yang harus dilakukan orang tua ketika menghadapi anak yang terlalu sering bermain gadget. Agar anak tidak kecanduan gadget, orangtua harus mencontohkannya. Supaya anak tidak kecanduan gadget, disarankan dimulai dari orangtuanya. Menurutnya, hal tersebut dilakukan sebagai salah satu untuk penguatan karakter anak yang dibangun sejak dini. Mengajak anak dalam berbagai kegiatan ini, kata Zakiyah, dapat menghilangkan rasa bosan di rumah dan menjauhkan anak dari kecanduan gawai.

Kekhawatiran ini timbul karena ketakutan sang anak meniru banyak hal yang kurang baik juga tidak sopan yang bisa anak contoh saat melihatnya di luar rumah. Selain itu sebagian orangtua memiliki kekhawatiran anak menjadi rentan terkena penyakit saat bermain di luar rumah. Saat ini mudah kita temukan orang dewasa bahkan anak-anak yang kecanduan gadget. Tidak jarang kecanduan gadget ini membuat anak cenderung tantrum ketika kamu mencoba untuk menghindarkan gadget dari gengamannya. Yang pertama adalah kita harus memberikan batasan dalam penggunaan gadget termasuk televisi, smartphone, laptop computer, konsol sport, dan perangkat lainnya.

Ingat, Anda harus tetap tegas untuk menerapkan peraturan yang baru Anda buat untuk membatasi waktu main gadget. Jangan sampai Anda iba dengan rengekan anak yang ingin terus major gadget. Terakhir, orangtua juga harus berperan dalam memberikan contoh tentang bagaimana seharusnya kita bijaksana dalam mengatur waktu bermain gadget.