10 Ideas Agar Anak Tidur Tepat Waktu

Namun, membuat bayi tidur lelap di siang hari adalah perkara yang tidak mudah dilakukan. Anak-anak memang membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan orang dewasa, namun juga tidak perlu terlalu lama. Tidur siang juga membantu anak agar tidur lebih nyenyak di hari. Bukti klinis menunjukkan, anak yang cukup tidur siang, cenderung lebih tidak rewel sepanjang hari. Sebelum memasuki jam tidurnya, penting untuk Mama mengurngi kegiatan yang terlalu aktif padanya.

Bayi yang kurang waktu tidur siang cenderung akan sering rewel atau merengek. Menurut sebuah penelitian, bayi yang mengantuk kurang mampu mengatasi tantangan yang mereka temui sehari-hari. Sementara bayi yang tidur cukup cenderung lebih bahagia dan berperilaku positif. Hal ini karena tidur siang dapat meningkatkan energi positif. Jika tidak tidur siang, artinya bayi akan dipenuhi oleh energi negatif yang bisa membuat suasana hati menjadi buruk.

Cara agar anak mau tidur siang

Hal ini dipengaruhi oleh aktivitas motorik dan eksplorasinya yang berkembang pesat.” Sebab tidur siang terlalu lama akan membuat anak sulit tidur di malam hari. “Pada masa balita, anak-anak mengalami pertumbuhan yang pesat baik secara fisik dan layaknya maraton. Kalau anak Anda susah diajak tidur siang, yuk, coba 5 suggestions berikut ini. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan sebelum memasuki jam tidur anak dan pastikan anak juga sudah melakukan ritual malamnya yaitu cucui kaki dan menggosok giginya. Dengan begitu Mama dapat membantu anak lebih tenang dalam membentuk rutinitas tidurnya.

Sangat penting bagi anda untuk berjalan-jalan atau minum kopi atau menghabiskan malam bersama sahabat anda. Sangat mudah untuk melupakan bahwa bayi itu kecil dan semuanya baru bagi mereka. Berjalan-jalan menstimulasi semua indera bayi — suara baru, bau, hal-hal untuk dilihat. Kami seringkali melupakan semua ini dan menjadi ‘sutradara hiburan’ yang perlu merangsang bayi dengan mainan sepanjang hari. Penting untuk dicatat bahwa penelitian Harvard menemukan bahwa pembagian kamar selama enam bulan pertama dapat berperan dalam mengurangi risiko SIDS. Sama sekali tidak perlu membawa bayi ke field mereka sendiri.

Sayangnya, semakin bertambahnya usia, anak-anak semakin sulit ketika disuruh tidur siang. Mereka lebih suka nonton TV atau pergi primary bersama teman-temannya. Saat malam, siklus tidur bayi memang beragam, ada yang suka terbangun 1-2 menit setiap beberapa jam sekali, namun ada pula yang bisa tidur kembali dengan sendirinya. Namun kalau bayi terbiasa terlelap dengan dot atau saat diberi ASI, maka akan sulit untuk membuatnya bisa tertidur dengan sendirinya. Inilah alasan mengapa tidur siangnya hanya sebentar saja, dan kenapa ia sering bangun saat malam.

Benar-benar ada dorongan untuk membiarkan bayi Anda di ruang tidur mereka sendiri. Banyak bayi senang mandi sebelum tidur, yang membuat mereka tenang. Jadikan setiap aktivitas tenang dan damai, terutama menjelang akhir rutinitas.